Senin, 16 Februari 2015

PENGERTIAN VIRUS, SEJARAH VIRUS, Dan PENEMU-PENEMU VIRUS | TUGAS Sekolah Presentasi

22.56 Posted by Romi Ramdhani , No comments
Kata Virus Berasal Dari Bahasa Latin Virion Yang Berarti 'Racun', Yang Pertama Kali Digunakan Di Bahasa Inggris Tahun 1392. Definisi "Agen Yang Menyebabkan Infeksi Penyakit" Pertama Kali Digunakan Tahun 1728, Sebelum Ditemukannya Virus Sendiri Oleh Dmitri Iwanovsky Tahun 1892.
Virus Merupakan Parasit Berukuran Mikroskopik Yang Menginfeksi Sel Organisme Biologis. Virus Bersifat Parasit Obligat, Hal Tersebut Disebabkan Karena Virus Hanya Dapat Bereproduksi Di Dalam Material Hidup Dengan Menginvasi Dan Memanfaatkan Sel Makhluk Hidup Karena Virus Tidak Memiliki Perlengkapan Untuk Bereproduksi Sendiri.
Virus Sering Diperdebatkan Statusnya Sebagai Makhluk Hidup Karena Ia Tidak Dapat Menjalankan Fungsi Biologisnya Secara Bebas Jika Tidak Berada Dalam Sel Inang. Karena Karakteristik Khasnya Ini Virus Selalu Terasosiasi Dengan Penyakit Tertentu, Baik Pada
- Manusia (Misalnya Virus Influenza Dan HIV),
- Hewan (Misalnya Virus Flu Burung), Dan
- Tanaman (Misalnya Virus Mosaik Tembakau).

SEJARAH VIRUS Dan PENEMU-PENEMU VIRUS

Menurut Para Ahli Biologi, Virus Merupakan Organisme Peralihan Antara Makhluk Hidup Dan Benda Mati. Dikatakan Peralihan Karena Virus Mempunyai Ciri-Ciri Makhluk Hidup, Misalnya Mempunyai DNA (Asam Deoksiribonukleat) Dan Dapat Berkembang Biak Pada Sel Hidup. Virus Juga Memiliki Ciri-Ciri Benda Mati Seperti Tidak Memiliki Protoplasma Dan Dapat Dikristalkan.
Para Penemu Virus Antara Lain D. Iwanoski Tahun 1892 Pada Tanaman Tembakau, Dilanjutkan M. Beijerinck Tahun 1898, Loffern Dan Frooch Tahun 1897 Menemukan Dan Memisahkan Virus Penyebab Penyakit Mulut Dan Kaki (Food And Mouth Diseases)

 Di Tahun 1900 Reed Berhasil Menemukan Virus Penyebab Kuning (Yellow Fever), Twort Dan Herelle 1917 Sebagai Penemu Bakteriofage, Dan Wendell M. Stanley Di Tahun 1935 Berhasil Mengkristalkan Virus Mosaik Pada Tembakau. Pengetahuan Tentang Virus Terus Berkembang Sampai Lahir Ilmu Cabang Biologi Yang Mempelajari Virus Disebut VIROLOGY.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Yang Baik Dan Sopan.
Sehingga Dapat Berguna Untuk Semua.